Info Berguna Tentang QoS dan CIR Koneksi Internet

Konsumen pelanggan koneksi internet dari provider manapun perlu tahu lho apa itu CIR dan QoS. Tadinya mau menulis kumpulan artikel tentang CIR dari wikipedia, tapi terlalu teknis, saya khawatir kalau saya sendiri masih bingung dengan bahasanya, bagaimana para pembaca tulisan ini nanti? :D Akhirnya ketemu artikel tentang CIR dan QoS langsung dari pengguna, dengan bahasa pengguna atau praktisi yang mudah dimengerti. Artikel berikut ini adalah kompilasi dari posting om Mustofa di forum ini tentang CIR dan QoS speedy.

Keluhan terhadap kualitas layanan speedy banyak dikemukakan oleh para pelanggan speedy di berbagai forum diskusi, surat pembaca, dan blog mulai dari yang menggunakan bahasa santun sampai dengan yang sangat kasar/vulgar. Keluhan tersebut jika dicermati lebih disebabkan oleh:
  • Kekurangtahuan pelanggan speedy tentang QoS speedy, dan
  • Kekurangterbukaan speedy menginformasikan QoS speedy tersebut.
Menjelang peluncuran speedy multispeed pihak speedy sebetulnya pernah mempublikasikan tentang QoS untuk setiap paket baru speedy cuma kemudian itu dihapus kembali. Penghapusan informasi tersebut tentu ada dasar pertimbangannya, saya tidak tahu persis tentang hal tersebut, tetapi itu menjadikan para pelanggan speedy tidak memiliki pedoman dalam menilai apakah layanan yang diberikan oleh speedy kepada mereka telah sesuai atau tidak?

Sementara itu, kalau saya perhatikan, keluhan para pengguna speedy dapat dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu:
  1. pengguna yang menuntut agar kecepatan akses speedy ke mana pun sesuai dengan line speed speedy.
  2. pengguna yang menuntut agar kecepatan akses speedy setidaknya lebih besar dari 50% dari line speed speedy.
  3. pengguna yang menuntut agar status downstream/upstream rate di modem mereka sesuai dengan line speed speedy.
Keluhan untuk kelompok 1 dan 2 dapat diminimalkan melalui penyampaian informasi tentang QoS speedy dan sosialisasi tentang pengertian layanan broadband atau bandwidth sharing. Keluhan untuk kelompok 3 dapat diminimalkan melalui penyampaian informasi praktis terhadap pengguna speedy tentang masalah-masalah yang mungkin terjadi dalam jaringan speedy, modem + splitter, dan dalam jaringan lokal para pengguna speedy. Dengan begitu diharapkan penyampaian keluhan pelanggan speedy kepada pihak speedy dapat disampaikan secara lebih terarah dan tepat masalah.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas maka di dalam thread ini akan dibahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan masalah tersebut.


Idealnya memang sumbernya dicantumkan secara jelas namun seperti telah saya sebutkan di atas, informasi tersebut yang tadinya ada di portal speedy tidak ditampilkan kembali. Oleh sebab itu, tanpa bermaksud melangkahi kewenangan speedy saya coba tampilkan kembali tabel QoS Speedy tersebut dengan maksud untuk memberikan sekadar gambaran terhadap pengguna speedy tentang QoS speedy yang pernah direncanakan oleh pihak speedy, yaitu sebagai berikut.


Sekiranya pihak speedy tidak lagi memberlakukan QoS sesuai tabel tersebut, saya himbau agar ada informasi resmi tentang hal tersebut untuk kebaikan kita bersama.

Jika kita melihat QoS speedy di dalam tabel tersebut maka para pengguna speedy dapat dengan mudah menilai apakah layanan speedy untuk paket yang diambilnya telah sesuai atau belum. Sebagai misal, layanan paket Game baru dapat dikatakan tidak sesuai jika speed yang diterima oleh pengguna speedy kurang dari 43 KBps (344 kbps).

Saya pikir mas windo sepakat dengan saya bahwa di sejumlah thread banyak pengguna speedy paket Game yang sudah menyatakan ketidakpuasannya kepada speedy padahal mereka masih mendapatkan layanan di atas 500 kbps dari speedy.

TAMBAHAN: (untuk yg gak mau baca thread ini secara lengkap)
QoS tersebut adalah untuk Line Speed Internasional (IX). Pengalaman saya sendiri, selama ini speed koneksi IX selalu mendapatkan lebih dari itu. Sementara untuk domestik (IIX) adalah sesuai Line Speed. Tentu tidak bisa full 100% karena ada degradasi jaringan dan banyak aspek lainnya.

QoS tersebut adalah QoS untuk Line Speed Internasional alias IX. nah kalo speed domestik bisa full, tapi tidak bisa full 100% karena ada degradasi jaringan dan banyak aspek lainnya.

Perlu dicermati lagi bahwa QoS untuk IX tersebut adalah nilai minimal dari sebuah layanan (paket) kenyataannya pelanggan mendapatkan speed jauh di atas itu. apabila mendapat dibawah itu, coba dicek kembalis status modemnya, dari mulai SNR margin, line atetnuation, modulation sampai data rate. karena speed yang di jamin telkom speed dedicated adalah dari modem sampai BRAS, setelah itu bandwidthnya shared dengan QoS di tabel atas.

Ini speedtest ke IIX / Lokal Indonesia
http://www.speedtest.net/result/508341306.png

Ini speeedtest ke International Link
http://www.speedtest.net/result/508462351.png

Untuk paket speedy 1mbps. Bila teman-teman mau lebih menggali lagi tentang QoS dan CiR khususnya untuk koneksi speedy silahkan main-main ke forum tanya-jawab speedy. Yang mau download file .doc tentang QOS bisa di unduh di sini.
© 2009 - Catatan Pekerja IT | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top